Produk yang Anda beli di kesurabaya.com adalah hasil produksi UMKM di bawah binaan dinas terkait Pemkot Surabaya. Kesurabaya.com menawarkan harga terbaik dari produk UMKM terbaik. Standard dan mutu produk di kesurabaya.com terjamin karena selalu dalam pengawasan berkala. Anda pun dapat turut memasarkan produk Anda di kesurabaya.com dengan menghubungi admin kami di 085216028060 (WA only). Kesurabaya.com membuka kerja sama dengan seluruh komunitas pecinta Surabaya.
Beranda » Artikel Terbaru » 9 Wisata Kenjeran Surabaya Yang Wajib Dikunjungi

9 Wisata Kenjeran Surabaya Yang Wajib Dikunjungi

Diposting pada 24 February 2019 oleh Cak Lutfi | Dilihat: 3.604 kali

Surabaya memiliki banyak destinasi yang layak untuk dikunjungi, salah satunya yaitu Kampung Wisata Bulak. Berjarak 8 kilometer dari Stasiun Gubeng, kampung yang berada di sepanjang pesisir pantai Kenjeran ini  menawarkan pengalaman yang luar biasa kepada para traveller, seperti wisata bahari, kuliner, budaya, sejarah dan religi.

  1. Taman Suroboyo

Taman Suroboyo menjadi andalan Kampung Wisata Bulak yang merupakan salah satu taman terbaik di kota Surabaya. Memiliki Tugu Suro dan Boyo terbesar yang saat ini sedang dalam proses pembangunan. Taman ini didesain sebagai taman yang ramah anak, terlihat dengan banyaknya fasilitas bermain yang terdapat di sana. Taman kebanggaan warga Surabaya ini semakin cantik di malam hari dengan hiasan air mancur warna-warni di sisi utaranya.

2. Jembatan Suroboyo

Kampung Wisata Bulak juga memiliki icon fenomenal, yaitu Jembatan Suroboyo yang selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan air mancur warna-warni yang menari-nari mengikuti alunan musik tradisional Surabaya. Salah satu jembatan terbaik di dunia ini menyuguhkan megahnya teknologi permainan air mancur warna-warni di setiap akhir pekan.

Jembatan yg diresmikan tahun 2016 ini memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan. Indahnya pemandangan Pulau Madura dan Pantai Kenjeran menghiasi Jembatan Suroboyo di sisi timur dan barat.

3. Rumah Produksi Paving Kulit Kerang

Taman Suroboyo dikelilingi oleh keunikan tersendiri, salah satunya adalah Rumah Produksi Paving Kulit Kerang yang sudah tersohor dengan kreatifitas dan inovasi warganya.

Banyaknya limbah kulit kerang yang terbuang begitu saja memunculkan ide kreatif untuk mengolahnya menjadi barang yang bernilai ekonomi. Melalui bantuan dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, terciptalah Paving Kulit Kerang yang telah diproduksi sejak tahun 2015. Inovasi desain serta modifikasi mesin produksi senantiasa dilakukan warga agar Paving Kulit Kerang tetap menjadi idola di hati masyarakat.

4. Kenjeran Lama

Berjarak 100 meter ke arah barat terdapat lokasi liburan keluarga terfavorit, yaitu Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran. Tidak hanya pantainya yang indah, THP Kenjeran juga menawarkan wisata ojek perahu yang akan memberikan kenangan ‘tak terlupakan. Wisatawan akan dibawa menuju ke tengah laut, kemudian dipersilakan untuk turun dari perahu, sehingga banyak yang ketakutan dan histeris. Namun tidak perlu khawatir, Anda tidak akan tenggelam melainkan hanya berdiri di atas pulau pasir yang tidak terlihat dari atas permukaan air laut. Liburan keluarga semakin lengkap dengan membeli oleh-oleh khas Kenjeran seperti t-shirt, kerupuk dan beraneka souvenir khas lainhya yang tersedia dengan harga yang sangat terjangkau.

5. Kenjeran Park (Kenpark)

Kampung Wisata Bulak tidak hanya memiliki satu Taman Hiburan Pantai (THP). Terdapat THP lainnya yang tidak kalah menariknya, yaitu Kenjeran Park (Kenpark). Harga tiket masuk di lokasi yang juga menjadikan wisata bahari sebagai andalannya ini cukup terjangkau.

Keindahan Kenpark sering menjadi pilihan bagi para calon pengantin untuk melakukan sesi pemotretan pre-wedding.

Terdapat patung Four Faces Budha berlapis emas, Dewi Kwan Im, dan Pagoda Tyan Ti yang melengkapi Kenpark dari segi wisata religi.

6. Pura Segara (baca: Pure Segare)

Pura Segara merupakan salah satu pura terbesar di kota Surabaya. Pura ini memiliki desain yang unik dengan ciri khas budaya Hindu Bali. Saat perayaan hari besar Hindu, terutama saat dilaksanakan pawai Ogoh-ogoh, Pura Segara senantiasa ramai dikunjungi wisatawan.

7. Rumah Seni dan Budaya

Berawal dari impian pemuda setempat untuk menjadikan Kenjeran sebagai daerah yang kental akan nilai-nilai budaya, maka terwujudlah sebuah Rumah Seni dan Budaya. Dengan penuh kesabaran, para pemuda setempat mengajarkan tari tradisional seperti Remo dan tari internasional Yosakoi kepada warga sekitar, khususnya anak-anak. Mereka mengajarkan tari Saman, teknik bermain gitar dan alat musik lainnya dengan melibatkan sukarelawan.

8. Sentra Ikan Bulak

Sebuah bangunan yang dengan desain unik yang menyerupai perahu dengan layar terkembangnya. Adalah Sentra Ikan Bulak (SIB), yang berlokasi di Jl. Bulak Cumpat No. 1, Surabaya. Menjadi kebanggaan warga Surabaya, dengan produk andalan oleh-oleh aneka produk olahan laut.

Merupakan pusat pengolahan dan pemasaran hasil laut sekaligus tempat usaha bagi UMKM bidang perikanan dan kelautan yang layak, sehat dan modern.

Sentra ini juga berfungsi untuk mengenalkan dan mempromosikan berbagai produk hasil olahan ikan agar semakin diminati oleh masyarakat. Warga Surabaya maupun wisatawan yang berkunjung ke Kenjeran bisa menjadikan SIB sebagai jujugan untuk belanja oleh-oleh hasil olahan ikan dalam satu tempat yang lebih nyaman.

9. Kampung Pelangi

Jika melintasi jembatan Jembatan Suroboyo, Anda akan menemukan pemandangan yang sangat indah. Pemandangan tersebut kontras sekali dengan kondisinya sebelumnya. Wilayah Kenjeran dulunya dikenal sebagai kampung-kampung nelayan yang kumuh, jorok, dan semrawut. Namun kini telah berubah menjadi sebuah kawasan yang tertata rapi, indah, dipenuhi warna-warni dan dikenal dengan nama Kampung Pelangi.

 

 

 

Bagikan informasi tentang 9 Wisata Kenjeran Surabaya Yang Wajib Dikunjungi kepada teman atau kerabat Anda.

9 Wisata Kenjeran Surabaya Yang Wajib Dikunjungi | Surabaya Hari Ini

Komentar dinonaktifkan: 9 Wisata Kenjeran Surabaya Yang Wajib Dikunjungi

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 25%
PESAN CEPAT
Bumbu Rujak Manis Cak Mimin Surabaya

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

bumbu rujak manis cak mimin surabaya Rp 15.000 Rp 20.000
Ready Stock / CM001
Rp 15.000 Rp 20.000
Ready Stock / CM001
OFF 36%
PESAN CEPAT
Sambal Bu Risma Khas Surabaya Harga Ekonomis

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Sambal Bu Risma Khas Surabaya Harga Ekonomis Rp 18.000 Rp 28.000
Ready Stock
Rp 18.000 Rp 28.000
Ready Stock
OFF 15%
PESAN CEPAT
Oleh-oleh khas Surabaya, Kabare: Kacang Bawang Renyah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 33.750 Rp 39.900
Ready Stock
SIDEBAR