Produk yang Anda beli di kesurabaya.com adalah hasil produksi UMKM di bawah binaan dinas terkait Pemkot Surabaya. Kesurabaya.com menawarkan harga terbaik dari produk UMKM terbaik. Standard dan mutu produk di kesurabaya.com terjamin karena selalu dalam pengawasan berkala. Anda pun dapat turut memasarkan produk Anda di kesurabaya.com dengan menghubungi admin kami di 085216028060 (WA only). Kesurabaya.com membuka kerja sama dengan seluruh komunitas pecinta Surabaya.
Beranda » Artikel Terbaru » BPIP RI Susur Kampung Eks-Lokalisasi Dolly Surabaya

BPIP RI Susur Kampung Eks-Lokalisasi Dolly Surabaya

Diposting pada 1 March 2020 oleh admin | Dilihat: 420 kali

Tim Sobo nDolly Menjelaskan Kepada Rombongan BPIP tentang Rute Kunjungan ke Kampung Eks-Lokalisasi Dolly

Surabaya, 29 Februari 2020 – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia untuk kesekian kalinya kembali mengadakan kegiatan inspiratif di Surabaya. Acara yang berskala Jawa Timur ini mengambil tema “Susur Kampung Pendidik Pancasila: Ruang Pertemuan Antara Pendidik Pancasila, Pegiat Kampung, Komunitas dan Jejaring”.

Rangkaian kegiatan selama 3 (tiga) hari ini dilaksanakan di dalam dan di luar ruangan. Para peserta tidak hanya diberikan materi secara teori saja, melainkan juga diberi kesempatan untuk membagikan pengalaman berpancasila di daerahnya masing-masing. Saling-silang diskusi berlandaskan demokrasi Pancasila sangat dikedepankan.

Selain itu peserta yang mayoritas berlatar belakang pendidik juga diajak untuk berinteraksi dengan masyarakat di kampung. Kesenian musik angklung dipilih sebagai media untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, sehingga interaksi dapat terjadi secara kekeluargaan dan dalam suasana yang menyenangkan.

BPIP RI merangkul warga kampung eks-lokalisasi Putat Jaya – Dolly untuk terlibat secara akti dan berinteraksi dengan para peserta acara Susur Kampung Pendidik Pancasila. Keberagaman dan kemajemukan di bekas wilayah prostitusi terbesar se-Asia Tenggara ini menjadi potensi tersendiri. Perubahan pasca-penutupan zona merah ini pada tahun 2014 sangat menarik untuk dinikmati dengan berbagai sudut pandang yang berbeda.

Tim Sobo nDolly dan Gerakan Ekonomi Kreatif (GEKRAF) Jawa Timur memperoleh kesempatan untuk memperkenalkan perubahan wajah kawasan Putat Jaya – Dolly kepada para Pendidik Pancasila se-Jawa Timur. Keberadaan rumah kreatif, communal branding, sejarah religi dan UMKM yang dikemas dalam sebuah rute wisata menjadi materi untuk didokumentasikan oleh para peserta kegiatan susur kampung dalam bentuk tulisan di blog.

Perjalanan susur kampung dimulai dari Rumah Batik Putat Jaya yang berlokasi di Jl. Putat Jaya Gang VIII-B No. 31 Surabaya. Para Pendidik Pancasila memperoleh kesempatan untuk membatik dan melakukan proses pewarnaan. Kerajinan tradisional yang memerlukan ketelitian dan kesabaran ini ternyata membangkitkan antusiasme para peserta kegiatan. Batik hasil karya peserta berupa sapu tangan dibawa pulang sebagai kenang-kenangan, bahwa mereka sudah pernah menyaksikan secara langsung perubahan wilayah eks-lokalisasi Putat Jaya – Dolly.

Para Pendidik Pancasila Belajar Membatik dan berbelanja di Rumah Batik Putat Jaya

Rute perjalanan berikutnya adalah Rumah Produksi Pangan yang beralamat di Jl. Putat Jaya Gang II-A No. 19 Surabaya. Di lokasi ini, para Pendidik Pancasila berdiskusi dengan Ketua RT setempat, yaitu Bapak Nirwono Supriyadi yang sekaligus merupakan penggerak Kampung UMKM Kreatif Putat Jaya. Mereka juga berkesempatan untuk mencicipi hidangan tradisional khas Putat Jaya, yaitu Botok Telur Asin Megawati yang merupakan makanan favorit mantan Presiden RI Ibu Megawati Soekarno Putri.

Pendidik Pancasila Lesehan di Rumah Produksi Pangan dan Mencicipi Botok Telur Asin Megawati

Perjalanan dilanjutkan ke Pesantren Jauharatul Hikmah (JeHa) yang merupakan satu-satunya institusi pendidikan non-formal yang sudah mengajarkan mengaji kepada anak-anak di kawasan Putat Jaya – Dolly sejak tahun 2008. Pesantren mini yang beralamat di Jl. Putat Jaya IV-B No. 4 Surabaya ini memiliki santri yang berjumlah 250 orang. Para santri dengan berbagai latar belakang tersebut tidak dipungut biaya sama sekali untuk belajar di institusi yang juga dikenal dengan nama Pesantren Dolly ini.

Para Pendidik Pancasila bertemu dan berinteraksi dengan para santri beserta ustadz dan ustadzahnya. Mereka bercengkrama dan berdiskusi dengan gayeng sambil belajar memainkan alat musik angklung. Tutorial singkat seni musik tradisional yang dibawakan oleh para Pendidik Pancasila tersebut disambut dengan antusias. Lagu nasional berjudul “Tanah Airku” berhasil dibawakan dengan sangat baik oleh para santri dan mempersatukan mereka dalam sebuah rasa kebersamaan dan nasionalisme.

Irene Camelyn Sinaga (Direktur Pembudayaan BPIP RI) Berinteraksi Dengan Santri dan Belajar Bermain Angklung di Pesantren Jauharatul Hikmah (JeHa) Dolly

Susur Kampung diakhiri dengan pemberian bantuan dari para Pendidik Pancasila kepada Pesantren Jauharatul Hikmah. Kemudian rombongan BPIP RI menuju ke lokasi terakhir, yaitu Dolly Saiki Point yang merupakan sentra UMKM sekaligus pusat oleh-oleh khas Surabaya. Mereka berbelanja bermacam-macam produk unggulan khas kampung eks-lokalisasi Putat Jaya – Dolly.

Penyerahan Bantuan dari Pendidik Pancasila Jawa Timur kepada Pesantren Jauharatul Hikmah

Peserta Susur Kampung Pendidik Pancasila Mengunjungi Dolly Saiki Point dan Berbelanja Oleh-oleh Khas Surabaya

(lnz)

Bagikan informasi tentang BPIP RI Susur Kampung Eks-Lokalisasi Dolly Surabaya kepada teman atau kerabat Anda.

BPIP RI Susur Kampung Eks-Lokalisasi Dolly Surabaya | Surabaya Hari Ini

Belum ada komentar untuk BPIP RI Susur Kampung Eks-Lokalisasi Dolly Surabaya

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 20%
QUICK ORDER
Oleh Oleh Khas Surabaya Kekinian, Sambal Herdi Rasa Sambel Ijo

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

oleh oleh khas surabaya kekinian 3 Rp 20.000 Rp 25.000
Ready Stock / SMBLHRD001
Rp 20.000 Rp 25.000
Ready Stock / SMBLHRD001
OFF 20%
QUICK ORDER
Oleh Oleh Khas Surabaya Kekinian, Sambal Herdi Rasa Cumi

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

oleh oleh khas surabaya kekinian 1 Rp 20.000 Rp 25.000
Ready Stock / SMBLHRD001
Rp 20.000 Rp 25.000
Ready Stock / SMBLHRD001
OFF 20%
QUICK ORDER
Sambal Khas Surabaya, Herdi Rasa Ebi

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

sambal khas surabaya Rp 20.000 Rp 25.000
Ready Stock / SMBLHRD002
Rp 20.000 Rp 25.000
Ready Stock / SMBLHRD002
SIDEBAR